/* /* Menonaktifkan Autorun Pada Windows XP | ASAKOM-Tech

Menonaktifkan Autorun Pada Windows XP

Autorun merupakan sebuah file yang di dalamnya berisikan perintah untuk menjalankan sebuah file secara otomatis disaat sebuah perangkat dipasangkan pada sistem operasi Windows XP (perangkat ini berupa removed disk, Flashdisk, hardisk external, CD-Rom, dll).

File ini berekstensi .ini atau bernama lengkap autorun.ini dan biasanya selalu beratribut hidden atau disembunyikan.

Mengapa kita perlu menonaktifkan fasilitas autorun dari sistem operasi Windows xp?

Dengan menonakatifkan autorun ini, diantaranya untuk mencegah sebuah program jahat ataupun file virus agar tidak dijalankan/ menyebar secara otomatis disaat kita memasukkan CD-Rom ataupun Flashdisk kita pada perangkat komputer kita.

Biasanya hampir semua file virus selalu memanipulasi dan membentuk file autorun pada perangkat yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Ada beberapa cara untuk menonaktifkan file autorun tersebut, salah satunya dengan cara sambil menekan tombol shift pada keyboard disaat kita memasukkan cd pada perangkat CD-Rom atau memasangkan Flashdisk pada port USB komputer kita.

Tetapi cara ini hanya untuk sementara karena untuk seterusnya kita harus menekan tombol shift pada keyboard kita disaat memasang cd ataupun flashdisk pada komputer kita.

Pada artikel ini, saya akan memberitahukan bagaimana cara menonkatifkan autorun secara permanen pada sistem operasi Windows XP.

Dimana apabila cara ini kita gunakan, kita tidak perlu lagi sambil menekan tombol shift pada keyboard kita disaat memasukkan cd atau flashdisk pada perangkatnya.

Langsung saja, klik tombol Start kemudian pilih menu Run. Ketikkan gpedit.msc pada jendala Run seperti gambar di bawah ini:



Setelah itu akan terbuka jendela Group Policy, pada panel sebelah kiri jendela tersebut pilih menu Local Computer Policy à User Configuration à Administrative Templates à System, kemudian pada panel sebelah kanan jendela tersebut klik Turn off Autoplay seperti pada gambar di bawah ini:

Pada saat list Turn off Autoplay di klik maka akan terbuka jendela Turn off Autoplay Propertis seperti gambar di bawah ini:

Secara default pada jendela tersebut terpilih Not Configured, kemudian ganti dengan mengklik Enabled kemudian pilih All Drive pada pilihan di bawahnya dan akhiri dengan menekan tombol OK seperti gambar di bawah ini:

Hingga tahap ini kita telah berhasil menonaktifkan fasilitas autorun pada Windows XP secara permanen, sangat mudah bukan?.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan menambah pengetahuan kita di bidang teknologi informasi.

- Salam Blogger -