/* /* Menonaktifkan/ Membatasi Penggunaan Flashdisk | ASAKOM-Tech

Menonaktifkan/ Membatasi Penggunaan Flashdisk

Saat ini sangat banyak kita ketahui kejahatan di dunia maya yang dilakukan oleh para “Cracker”, terutama dalam hal pencurian data-data untuk mengakses E-Mail maupun jejaring sosial.

Tapi bagaimana bila orang terdekat kita ataupun orang lain yang ingin mencuri data-data penting kita yang ada di perangkat komputer kita?

Apakah anda punya usaha yang cukup untuk mencegahnya?

Banyak cara kita lakukan untuk menanggulanginya, mulai memberi password pada perangkat komputer kita atau membatasi penggunaan perangkat Flashdisk pada komputer kita atau hal yang lainnya.

Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan bagaimana caranya untuk membatasi penggunaan Flashdisk pada perangkat komputer kita. Saya telah menyediakan sebuah perangkat lunak yang mungkin sangat anda butuhkan saat ini.

Perangkat lunak ini bersifat portable, sehingga kita tidak perlu melakukan instalasi pada komputer bila kita ingin mempergunakan perangkat lunak ini, dan dapat dipergunakan pada sistem operasi Windows XP, Wondiws Vista maupun Windows 7.

Setelah kita download perangkat lunak tadi, langsung saja kita jalankan program tersebut, sehingga akan terbuka seperti gambar di bawah ini:

Bila kita ingin membatasi penggunaan Flashdisk agar tidak bisa mengkopi data yang ada dalam computer ke Flashdisk, berikan tanda checklist pada tulisan “Tidak Boleh Mengcopy Ke Flashdisk”seperti pada gambar di bawah ini:

Sehingga apabila ada perlakuan untuk mengkopi data dari komputer ke Flashdisk akan muncul pesan seperti di bawah ini:

Selanjutnya apabila kita ingin menonaktifkan penggunaan Flashdisk pada komputer kita, berikan tanda checklist pada tulisan “Tidak Boleh Menggunakan Flashdisk” seperti gambar di bawah ini:

Pada tahap ini, komputer kita tidak akan mendeteksi adanya perangkat Flashdisk yang terdeteksi walaupun kita telah memasang Flashdisk pada port USB komputer kita. Atau dengan kata lain port USB pada komputer kita seakan-akan tidak aktif hanya terhadap perangkat Flashdisk/ Removel Disk Lainnya.

Selain itu saya menambahkan fungsi untuk membuka dan menutup CD-Rom dengan cara mengklik tombol di sebelah kanan yang bertuliskan Buka CD-ROM/ Tutup CD-ROM.

Tetapi sebelum anda dapat menggunakan fasilitas yang saya jelaskan tadi, sebelumnya sistem akan meminta anda untuk memasukkan Password, seperti gambar di bawah ini:

Tetapi jangan khawatir, karena pada paket download telah saya sertakan Passwordnya, artikel ini dapat di download Disini.

Semoga artikel dan perangkat lunak yang saya buat ini dapat bermanfaat untuk anda, dan menambah kemampuan anda untuk meningkatkan sistem keamanan pada komputer anda dari pencurian data oleh orang yang tidak berwenang.

-SALAM BLOGGER-