/* /* Mengubah Tulisan “Start” pada Windows XP | ASAKOM-Tech

Mengubah Tulisan “Start” pada Windows XP

Sistem operasi Windows XP merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini.
Berbagai macam program dibuat untuk mempercantik tampilan Windows XP, mulai dari merubah Skin, Theme, Screensaver hingga membuat tampilan Windows XP seperti layaknya Windows Vista atau Windows 7 yang kaya dengan tampilan grafis.
Tapi tahukan anda apakah tulisan “Start” Windows XP dapat diubah dengan tulisan yang lain? Seperti contoh gambar di bawah ini:



Perhatikan gambar, tombol start menu yang seharusnya bertuliskan “Start” telah dimodifikasi menjadi tulisan “Mulai”
Caranya cukup mudah sekalian rumit! Karena diperlukan ketelitian untuk mengerjakannya. Kenapa bisa demikian..?
Jawabnya: ya.. memang demikian…!
Langsung saja kita mulai caranya.
Yang paling utama kita harus mempunyai program bernama R*S*U*C* H*CK*R yang biasa disingkat menjadi “RESHACK” dapat di download Disini
Setelah kita mendownload program RESHACK tersebut langsung saja kita jalankan file yang bernama Reshack.exe

Klik menu File kemudian pilih Open
Arahkan pada drive C:\Windows, lalu pilih file Explorer.exe kemudian klik tombol Open, seperti gambar di bawah ini:



Setelah itu akan muncul tampilan kerja RESHACK dengan banyak menu pilihan, pilih icon seperti gambar folder “String Table” kemudian pilih folder “37” lalu klik tulisan “1033” yang ada dalam folder “37” tadi. seperti kita lihat pada gambar di bawah ini:



Perhatikan pada jendela sebelah kanan, pada baris 578 terdapat tulisan “Start”. Tulisan inilah yang muncul pada tombol Menustart Windows XP kita, dalam contoh ini kita mengubah tulisan “Start” menjadi tulisan “Mulai” atau sesuai dengan keinginan kita. Seperti gambar di bawah ini:



Setelah itu kita klik tombol Compile Script yang ada tepat di atas tulisan yang kita ubah tadi untuk persetujuan perubahan yang telah kita lakukan, kemudian pilih menu file lalu pilih Save As.
Dalalm hal ini kita tidak dapat langsung memilih Save untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan terhadap file Explorer.exe, karena file Explorer.exe sedang dijalankan selama kita sedang menggunakan sistem operasi Windows.
Untuk mengatasinya kita harus memilih Save As untuk menyimpan file Explorer.exe dengan nama lain, dalam contoh ini kita menyimpan dengan nama expl.exe pada folder C:\Windows kemudian klik tombol Save. Seperti gambar di bawah ini:



Kemudian tutup program RESHACK. Pada tahap ini pekerjaan yang telah kita lakukan masih dikatakan sangat gampang. Kita telah berhasil mengubah tulisan “Start” menjadi “Mulai” dan berhasil menduplikasi file Explorer.exe dengan nama expl.exe.

Mulai tahap ini pekerjaan yang harus dilakukan bisa dikatakan sangat rumit, seperti yang saya katakan di atas tadi, terlebih bila anda tidak menguasai sistem operasi DOS.
Apabila anda kurang menguasai sistem operasi DOS, lebih baik anda meminta bantuan kepada teman anda yang menguasai sistem operasi DOS untuk menyelesaikan tutorial ini. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan sistem operasi Windows anda apabila terjadi kesalahan yang anda lakukan.
Langsung saja kita lanjutkan pembahasan untuk menyelesaikan tutorial ini.
Pada tahap ini anda harus merestart komputer dan harus booting menggunakan program Startup DOS atau program lainnya untuk masuk ke modus DOS, (Ingat…! anda harus booting dalam modus DOS, tidak boleh menggunakan DOS yang ada pada Windows XP) karena kita tidak akan mungkin melakukan perubahan pada file Explorer.exe apabila anda tetap booting dengan sistem operasi Windows.
Setelah kita booting dengan modus operasi DOS, ketikkan perintah seperti gambar di bawah ini:



Keterangan:
Pada C: prompt (C:\>) ketikkan perintah:
C:\>cd Windows
Bertujuan untuk masuk ke direktori C:\Windows (Tempat file Explorer.exe dan Expl.exe yang kita manipulasi tadi berada)
Setelah menjadi C:\WINDOWS>
Kemudian ketikkan perintah:
C:\WINDOWS>ren Explorer.exe Duplikat.exe
Bertujuan untuk mengubah nama Explorer.exe menjadi Duplikat.exe (Nama Explorer.exe harus kita ubah dengan nama lain, dalam contoh ini kita ubah menjadi nama Duplikat.exe)
Setelah itu ketikkan perintah:
C:\WINDOWS>ren Expl.exe Explorer.exe
Bertujuan untuk mengubah nama file hasil manipulasi yang kita buat tadi menjadi explorer.exe.
Kesimpulannya:
Dengan perintah seperti di atas tujuannya untuk mengubah file Explorer.exe (file standard/ asli Windows) menjadi nama lain, dan mengubah file Expl.exe (File hasil manipulasi kita tadi) menggantikan file Explorer.exe yang asli/ standard Windows.
Karena sistem operasi Windows akan langsung menjalankan file Explorer.exe disaat booting Windows dimulai.
Setelah itu lakukan restart komputer, kembalikan pengaturan agar komputer booting normal dalam sistem operasi Windows.
Kita lihat hasilnya, seharusnya tulisan “Start” berubah menjadi “Mulai” berarti kita telah berhasil sesuai dengan harapan. Apabila tulisan “Start” tidak berubah berarti ada kesalahan..! Coba perhatikan kembali dari awal..!
Kita juga dapat membuat tulisan “Start” seperti gambar di bawah ini:



Keren… khan…..? www.amsalpages.blogspot.com terpampang di komputer anda menggantikan tulisan “Start” pada Menustart yang konon agak membosankan! 
Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua, apabila penjelasan tutorial ini kurang jelas saya mohon maaf dan atas segalanya saya ucapkan terimakasih…!
Tutorial ini dapat didownload Disini