/* /* Program Sederhana Bermanfaat Luar Biasa | ASAKOM-Tech

Program Sederhana Bermanfaat Luar Biasa

Apakah anda orang yang benar-benar perduli dengan keamanan data pada komputer anda?, semua orang pastinya sangat perduli dengan keamanan datanya.
Banyak cara dilakukan untuk membatasi orang lain agar tidak bebas menggunakan komputer milik anda, mulai dari memberi password, membatasi penggunaan program, hingga memproteksi penggunaan USB-Flashdisk agar tidak dapat terdeteksi pada komputer anda.
Banyak program yang menjanjikan keamanan pada sistem komputer, tetapi terkadang justru membuat lambat proses kerja komputer karena harus menginstal program tersebut.
Hal ini memang menjadi masalah tersendiri, bahkan buat saya yang telah cukup lama bekerja sebagai tenaga IT Support (Teknisi Komputer) belum menemukan program yang benar-benar dapat membantu bidang pekerjaan saya untuk meningkatkan sistem keamanan komputer.
Oleh karena itu saya mencoba menciptakan sebuah program yang benar-benar sangat saya butuhkan untuk mendukung bidang pekerjaan saya.
Program ini saya berikan nama ASAKOM-Tech Software dan benar-benar program yang saya buat sendiri, seperti terlihat pada gambar di bawah ini: nama, nomor telepon dan alamat blog saya tertera pada tab About program tersebut.



Program ini hanya bekerja pada sistem operasi Windows XP, dan masih tahap proses penyelesaian agar dapat digunakan pada sistem operasi di atas versi Windows XP.
Apa saja sih keunggulan dari program ini..? saya akan mencoba menguraikannya secara ringkas.
Anda tidak perlu menginstal program ini pada komputer apabila ingin menggunakannya, karena program ini merupakan program siap pakai (portable). Sehingga komputer anda tidak perlu menyediakan banyak kapasitas memori untuk menjalankan program ini.
Pada tab Desktop terdapat item-item yang berfungsi untuk membatasi penggunaan pada desktop, pengaturan attribute file dan system display (klik kanan desktop --> properties) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Pada tab Start Menu terdapat item-item yang berfungsi untuk membatasi penggunaan pada tombol Start Menu (klik tombol Start --> terdapat menu: Turn Off, Log Off, Run, Help, Search, Settings, Document) juga untuk menjadikan file Startup (File akan dijalankan pada saat windows dimulai) seperti terlihat pada gambar di bawah ini.



Pada Tab Utility terdapat item-item yang sangat jarang saya dapatkan pada program yang banyak dijual atau di download dari internet. Dengan kata lain, pada tab Utility ini merupakan item-item andalan program ini. Item tesebut antara lain berfungsi untuk:
- Menonaktifkan registry editor
- Menonaktifkan task manager
- Menonaktifkan device manager
- Menonaktifkan folder option
- Menonaktifkan klik kanan pada windows explorer
- Menonaktifkan pengaturan taskbar
- Menonaktifkan tombol windows keyboard (Hotkey Windows)
- Menonaktifkan system tray
- Menonaktifkan penggunaan command prompt (DOS)
- Memproteksi penggunaan USB-Flashdisk
- Memproteksi pengcopian file ke USB-Flashdisk
Atau selengkapnya item-item tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Tetapi sebelum menggunakan program ini dengan akses penuh, anda harus mempunyai password registrasi. Karena pada saat program ini dijalankan maka akan muncul tampilan untuk memasukkan password registrasi, tetapi anda dapat mencoba menggunakan program ini dengan menekan tombol Try it seperti gambar di bawah ini.



Sekian informasi tentang program ASAKOM-Tech Software ini saya lampirkan, cukup lengkap bukan? Dan pastinya sesuai dengan judul artikel ini: Program Sederhana Bermanfaaat Luar biasa :-).
Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam penyajian artikel ini, dan saya akhiri dengan mengucapkan terimakasih. Artikel ini dapat didownload disini